Visa oh Visa

Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia
Thursday 30 July 2015
Permohonan aplikasi pun dimajukan menjadi harus 3 bulan sebelum expiry, padahal sebelumnya pihak imigrasi hanya menerima sebulan atau 2 bulan sebelum

Saya sudah bertekad setelah kembali lagi ke Kuala Lumpur setelah libur lebaran, saya harus submit student pass renewal karena student pass/student visa saya akan berakhir pada akhir bulan September nanti dan akhirnya baru saja direalisasikan kemarin. Banyaknya mahasiswa internasional yang bermasalah dengan permohonan perpanjangan visa mereka, membuat saya harap-harap cemas semoga saja hal tersebut tidak terjadi pada saya.

Sudah 3 orang saya dengar bermasalah dengan aplikasi ini. Orang pertama adalah teman sekamar saya sendiri yang sudah memasukkan permohonan sejak 5 minggu sebelumnya, walau student pass-nya sendiri akan berakhir 3 bulan lagi. Bolak balik cek ke imigrasi, sengaja belum memesan tiket pulang ke Indonesia, putus asa karena belum tahu juga kapan pastinya student visa-nya keluar. Ternyata setelah berdiskusi dengan pihak imigrasi kampus, visa teman saya ini belum sama sekali diproses. Akhirnya teman saya pulang dulu ke Indonesia dan akan submit aplikasi permohonan lagi nanti setelah kembali.

Orang kedua adalah teman sekelas kelas Bahasa Arab saya pada semester pendek ini. Ia terpaksa hanya berlebaran di Malaysia karena visanya belum selesai. Kenapa lama? Ceritanya dia mengajukan visa renewal, namun karena lama diproses dan sudah mendekati expiry date, ia dialihkan ke permohonan untuk temporary visa (yang prosesnya juga sangat lama dan mengharuskan ia untuk membayar lagi) baru setelah itu diuruskan student visanya. Kapan keluarnya? belum tahu.

Orang ketiga kasusnya agak mirip dengan kejadian teman sekamar saya, sayangnya tiket pulangnya terpaksa hangus karena belum juga mendapatkan student visa (paspor harus diserahkan ke pihak imigrasi untuk perpanjangan visa, red). Usut punya usut, masih ada dokumen yang harus ia lengkapi, karena itu visanya belum juga diurus oleh pihak imigrasi. Banyak mahasiswa yang kecewa dengan imigrasi kampus, bahkan ada yang curhat di IIUM online, facebook group non-resmi IIUM yang sering diupdate oleh iiumians tentang betapa kecewanya setelah bolak balik tetapi visanya belum juga selesai. Jangan heran kalau datang ke immigration office wajah yang ditemukan pada gloomy semua ;( 

Menurut saya, mungkin saja pihak imigrasi juga sedang beradaptasi dengan prosedur baru untuk segala macam pass (akan saya tulis di blog nanti), sehingga terjadi beberapa 'kemacetan' dalam pengurusan visa. Student pass renewal yang dulu hanya rm75, boleh bayar cash dan tidak terlalu banyak required documents, sekarang sudah tidak lagi. Dalam semester ini pun sudah 3x saya dengar prosedurnya berganti. Yang awalnya teman saya bisa mengajukan visa untuk 2 tahun, uangnya dikembalikan karena student pass application yang ditawarkan kampus menjadi hanya bisa untuk setahun. Teman saya lainnya yang baru saja renew visa-nya 2 bulan yang lalu, dibandingkan dengan saya, prosedurnya sudah jauh beda dengan application saya kemarin. Semoga masalah visa ini tidak berlarut-larut dan doakan visa saya yah!;) biar bisa pulang lagi.

No comments:

Post a Comment

Would be really happy to hear your thoughts. Do comment! ;)